Pengertian Jaringan Komputer dan Manfaatnya

Diposting oleh Unknown on Jumat, 21 Desember 2012



Pengertian jaringan komputer dan manfaatnya – pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi ilmu mengenai jaringan komputer. Mungkin ini bisa membantu anda yang saat ini sedang belajar tentang teknik komputer jaringan. Oke tidak usah berlama – lama langsung saja anda baca artikel tentang pengertian jaringan komputer dan manfaatnya berikut ini.

Pengertian Jaringan Komputer dan Manfaatnya.

Pengertian Jaringan Komputer
Kalau kita mau mencari dari berbagai sumber mungkin banyak sekali pengertian jaringan komputer ini, itu karena pemikiran seseorang dengan lainnya berbeda. Tetapi walaupun kata – kata yang digunakan berbeda masih memiliki inti yang sama. Langsung saja anda baca pengertian dari jaringan komputer berikut yang saya dapatkan dari berbagai sumber.

Secara umum

Jaringan komputer yaitu sebuah sistem terdiri dari beberapa komputer dan perangkat jaringan lainnya yang didesain saling terhubung menggunakan protokol komunikasi agar bisa bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan Jaringan komputer adalah berbagi sumber daya (data, printer, harddisk), berkomunikasi (email, chatting), dan untuk akses informasi (web browsing).

Jaringan Komputer adalah gabungan atau kumpulan dari beberapa komputer yang dapat diakses secara bersama – sama (seperti floopy disk, CD-ROM, printer, dan sebagainya), dan dapat berhubungan dengan komputer induk sistem lainnya yang letaknya berjauhan.

Menurut para ahli

Melwin Syafrizal (AMIKOM Yogyakarta).
Jaringan Komputer yaitu himpunan "interkoneksi" antara 2 komputer autonomous atau lebih yang terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel (wireless).


Izaas el Said (pakar jaringan komputer).
Pengertian jaringan Komputer adalah Sebuah sistem di mana komputer yang terhubung untuk berbagi informasi dan sumber daya.


Madcoms.
Jaringan Komputer merupakan kumpulan dari beberapa komputer dan peralatan penunjang lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan dan saling terkoneksi.


Techi Wire House.
Pengertian Jaringan komputer adalah kumpulan dua atau lebih komputer yang terhubung.


Kamus Besar dan Pakar.
Pengertian Jaringan komputer merupakan sekelompok dari dua atau lebih sistem komputer yang dihubungkan bersama-sama.


English wikipedia.
Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan dari beberapa komputer dihubungkan secara elektronik.


Ensiklopedia.
Pengertian jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya, berkomunikasi, dan dapat mengakses informasi secara bersama.

Pengertian Jaringan Komputer cukup lengkap diberikan seperti yang disebutkan diatas baik secara umum ataupun pendapat dari beberapa ahli dan juga dari media lainnya. Pada sebuah jaringan komputer untuk mencapai tujuan yang sama maka setiap bagian dalam jaringan komputer bisa meminta dan memberikan layanan, untuk pihak yang meminta atau menerima layanan disebut sebagai client dan pihak yang memberikan atau mengirim layanan disebut sebagai server, inilah biasa yang disebut sebagai desain jaringan komputer client-server.


Dalam mendesain sebuah jaringan komputer maka harus ada lebih dari 1 komputer (minimal 2 komputer) dan perangkat jaringan sesuai yang dibutuhkan. Dalam sebuah jaringan sederhana yang terdiri dari 2 komputer yang sudah ada perangkat lunak sistem operasi jaringan dapat dihubungkan dengan syarat masing-masing dari setiap komputer memiliki sebuah kartu jaringan kemudian dihubungkan dengan kabel jaringan yang sudah jadi (kabel lengkap dengan Connector dan benar susunan pengkabelannya). Lindungi setiap komputer yang terhubung satu sama lain dalam sebuah jaringan dengan antivirus terbaik agar komputer tidak terkena atau terkontaminasi dari berbagai macam virus beserta variannya sehingga setiap kegiatan dalam jaringan aman. Untuk membuat jaringan komputer yang lebih besar dan luas jangkauannya yang terdiri dari banyak komputer maka diperlukan peralatan tambahan untuk membangun jaringan komputer tersebut seperti Hub, Bridge, Switch, Router, Gateway dan perlengkapan lainnya yang dibutuhkan.


Secara luas jaringan komputer global yang cakupannya besar adalah internet dimana dengan layanan dari penyedia internet maka jaringan komputer dapat kirim dan terima email, browsing, berbagi link ke internet global dunia dan juga bisa konferensi video realtime dengan pengguna dari jarak jauh atau wilayah dan lokasi berbeda.


Perkembangan di dunia teknologi semakin mempercepat dalam berbagai aspek yang tujuannya untuk memudahkan dan juga meningkatkan produktivitas manusia dalam bekerja dan aktivitas lainnya yang memungkinkan menggunakan sarana tersebut. Jaringan komputer tercipta dari rangkaian komputer lebih dari satu dengan dihubungkan disertai perangkat penunjang lainnya mampu memberikan manfaat yang sangat banyak sekali bagi manusia.

Manfaat dari jaringan komputer sangat banyak, salah satunya adalah


1.Jaringan Komputer dapat sharing resource (data, program, peripheral komputer)
2.Jaringan Komputer media komunikasi efektif dan multimedia
3.Jaringan Komputer memungkinkan manajemen sumber daya lebih efisien.
4.Jaringan Komputer memungkinkan penyampaian lebih terpadu.
4.Jaringan Komputer memungkinkan kelompok kerja berkomunikasi lebih efisien.
5.Jaringan Komputer dapat menjaga keamanan data lebih terjamin (hak akses).
6.Jaringan Komputer menghemat biaya pengembangan dan pemeliharaan. 
7.Jaringan Komputer membantu mempertahankan informasi agar tetap handal dan up to date.

Diatas sudah saya jelaskan mengenai pengertian jaringan komputer dan manfaatnya, semoga tulisan saya ini bermanfaat untuk anda semua.

Artikel Terkait

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Komentar saya moderasi, Berkomentarlah dengan sopan dan tidak out of topic. Terima kasih telah mengunjungi blog ini.